Cara Memilih Text pada Microsoft Word

Serindu


Cara Memilih Text pada Microsoft Word

Cara Memilih Text pada Microsoft Word – Setelah materi sebelumnya kita membahas tentang Cara Menghapus Teks pada Microsoft Word. Pada pertemuan kali ini kita masih membahas materi tentang pengeditan dokumen. Materi yang kita bahas adalah Cara Memilih Teks pada Microsoft Word. Memilih teks adalah cara yang sering digunakan saat pengeditan dokumen. Sobat dapat melakukan berbagai operasi pada teks yang sudah dipilih, misalkan ingin menghapus, memindahkan, menyalin ataupun merubah formatnya dll. Banyak cara yang digunakan untuk memilih teks pada sebuah konten. Berikut ini adalah sedikit contoh dari metode penggunaan pemilihan teks.
METODE SECARA LANGSUNG
Dengan memilih teks secara langsung pada bagian teks. metode ini adalah yang paling umum di gunakan, karena tidak begitu ribet dalam penggunaanya. Sobat cukup menaruh kursor pada area yang akan di pilih dan lakukan sesuai dengan perintahnya. Dalam metode ini ada beberapa cara yang dapat sobat gunakan dengan konteks yang berbeda.

1. Memilih Teks diantara Dua Titik
Letakkan kursor pada titik pertama kemudian tahan tombol shift dan kemudian lepas diakhir  seleksi teks.

2. Memilih Teks untuk Satu Kata
Letakkan kursor pada salah satu kata kemudian klik dua kali.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word3. Memilih Teks dalam Satu Paragraph
Letakkan kursor pada salah satu kata dalam suatu paragraph dan kemudian klik tiga kali.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word4.Memilih Teks dalam Satu Kalimat
Tahan tombol ctrl kemudian klik pada kalimat ingin dipilih.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word
METODE SELECTION BAR
Cara menggunakan metode pemilihan teks ini adalah dengan cara meletakkan kursor pada bagian kiri teks dan mengikuti perintah yang sobat inginkan. Untuk lebih detailnya perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Memilih Text pada Microsoft WordBagian yang berwarna biru adalah yang di namakan Area Selection Bar. Berikut adalah cara – cara yang sobat dapat lakukan dalam pemilihan teks dengan konteks yang berbeda.
1. Memilih Teks dalam Satu Baris
Dalam pemilihan teks dengan cara ini sobat cukup melakukanya dengan cara gerakkan kursor ke bagian samping kiri teks (Selection Bar) kemudian klik kiri satu kali pada bagian baris yang sobat inginkan.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word2. Memilih Teks Satu Paragraph
Untuk melakukan pemilihan teks dalam satu paragraph sobat cukup melakukannya dengan cara klik kiri 2x pada bagian samping kiri (Selection Bar) paragraph, maka satu paragraph tersebut akan terpilih.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word3. Memilih Seluruh Teks
Untuk memilih seluruh teks pada dokument sobat dapat melakukanya dengan cara klik 3x pada samping kiri teks (Selection Bar) maka seluruh teks dalam satu dokumen akan terpilih.
Cara Memilih Text pada Microsoft Word
METODE SHORTCUT PADA KEYBOARD
Microsoft Word juga menyediakan berbagai macam shortcut dalam melakukan pemilihan teks. Cara seperti banyak digunakan karena dapat dilakukan dengan cepat. Berikut ini adalah penjelasan untuk macam – macam shortcut dalam pemilihan teks.

1. Ctrl + A
Tekan Ctrl + A untuk memilih seluruh teks yang ada pada dokumen.
2. Shift
Tekan tombol shift dan tahan kemudian gunakan tombol arah atau geser kursor untuk memilih bagian teks.
3. F8
Tekan tombol F8 kemudian gunakan tombol arah atau geser kursor untuk memilih bagian teks.
4. Ctrl + Shift + F8
Tekan tombol Ctrl + Shift + F8 kemudian gunakan tombol arah atau geser kursor untuk memilih kolom teks.
Begitu banyak metode yang dapat sobat gunakan dalam pemilihan teks. Secara fungsi semua sama saja, tergantung sobat ingin menggunakan yang mana.
Baiklah sobat sekian untuk materi kali ini, nantikan materi berikutnya dengan topik yang sama yaitu Cara Melakukan Pengeditan Dokumen.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terima Kasih


Proudly powered by Opay