Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula

Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula

Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula – Pada awal kesempatan pembahasan materi kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang Microsoft Excel. Sebagai awal pembahasan materi excel, kami mulai dengan bagaimana cara untuk mengoperasikan Excel. Untuk sobat – sobat yang baru memulai belajar excel, silahkan ikuti langkah – langkah yang kami berikan. Kami akan jelaskan secara detail tentang penggunaan awal Microsoft Excel.
Pertama – tama pastikan sobat sudah menginstall Microsoft Excel pada komputer sobat. Terserah sobat mau menggunakan versi tahun yang mana saja, karena pada dasar penggunaannya sama, hanya perbedaan pada tampilan dan sedikit ada tambahan fitur – fitur. Pada materi saat ini saya menggunakan Microsoft Excel 2007. Baiklah sobat mari kita mulai materi kali ini dan ikuti langkah – langkahnya sebagai berikut :
Buka Program Microsoft Excel
Klik Start >>> All Program >>> Microsoft Office >>> Microsoft Excel atau dengan cara klik kiri 2 kali ikon Microsoft excel pada desktop
Setelah program sudah dibuka, mari kita pahami lingkup kerja yang ada pada Microsoft Excel agar sobat bisa mengikuti materi ini dengan baik.
Lihat gambar di bawah ini beserta dengan penjelasan bagian – bagian dari Microsoft Excel.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Judul Windows : Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
Office Button : Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print.
Tab System Menu : Sistem menu merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
Ribbon : berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab System Menu.
Penggulung Sheet : Untuk melihat sheet yang tidak nampak karena keterbatasan pada tampilan layar, kita dapat menggunakan penggulung sheet untuk menampilkanya. Penggulung sheet terdiri 2 jenis yaitu vertical dan horizontal.
Baris Formula : Untuk menampilkan apa yang sedang kita kerjakan/tulis pada kolom sel, berguna juga untuk menampilkan informasi sel dan memasukkan rumus.
Judul Kolom : Menunjukkan nama kolom yang di awali dengan huruf A, B, C sampai Z
Nomor Baris : Menunjukan urutan baris yang di tunjukkan dengan angka (1, 2, 3 dst)
Tab Sheet : Lembar kerja pada Microsoft Excel yang masih tersimpan dalam satu file. Secara default terdiri dari 3 sheet, tetapi kita bisa menambahkan sesuai dengan kebutuhan data kita.
Penunjuk Sel : Tempat dimana suatu aktifitas Microsoft Excel dilakukan, seperti memasukkan data atau memasukkan rumus dll.
Mulai Membuat Dokumen
Setelah sobat memahami bagian dari Excel, sobat bisa memulai pembuatan dokumen. Kami akan berikan contoh pembuatan daftar nama absensi siswa beserta dengan langkah – langkah.
Langkah 1 – Mengisi Data
Ketikan text atau angka pada setiap sell yang akan dibuat data
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Langkah 2 – Membuat Tabel
Setelah data sudah diisi, langkah selanjutnya adalah membuat garis tabel (border). Sobat cukup blok area yang ingin dibuat tabel setelah itu pilih menu border pada ribbon, kemudian pilih all borders.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Langkah 3 – Merapikan Baris dan Kolom
Setelah tabel sudah di buat, langkah selanjutnya adalah tinggal merapikan lebar baris dan kolom agar terlihat rapi. Sobat juga bisa mengatur text alignmen, ingin rata tengah atau samping.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Langkah 4 – Memberi Warna Tabel
Setelah selesai mengatur baris dan kolom beserta text alignment-nya, sobat dapat memberikan warna pada cell atau text dengan cara pilih bagian cell yang ingin di rubah warnanya. Setelah itu pilih warna yang sobat inginkan di menu ribbon.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula

Menyimpan Dokumen
Setelah selesai pembuatan dokumen, sobat dapat menyimpan apa data tersebut ke dalam komputer sobat. Caranya dengan klik Office Button >>> Save
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Setelah itu tentukan lokasi dimana sobat akan simpan. Jangan lupa untuk memberi nama pada file tersebut, agar sobat mudah untuk menemukanya kembali.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Apabila sobat ingin membuka dokumen yang sudah disimpan, tinggal cari lagi dokumen tersebut kemudian klik kiri pada mouse dua kali. Dalam menyimpan dokumen yang diedit, sobat dapat menggunakan save as. Dengan save as maka dokument disimpat pada tempat yang berbeda tanpa merubah data yang lama.
Mencetak Dokumen
Jika sobat ingin mencetak dokumen, caranya dengan klik Office Button kemudian pilih print atau sobat bisa menggunakan tombol shortcut Ctrl + P pada keyboard.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Setelah itu pilih perangkat printer yang sobat ingin gunakan. Sobat juga dapat mengatur layout, warna, mode dll pada propertis yang sudah di sediakan sesuai dengan brand printer.
Belajar Microsoft Excel Khusus Pemula
Setelah itu pilih OK untuk mencetak dokumen.
Bagaimana sobat ??? mudahkan ??? belajar Excel tidak serumit yang kita bayangkan. Dengan Excel segala pekerjaan kantor, sekolah dll jadi lebih mudah dan praktis.
Baiklah sekian untuk pembahasan materi kali ini, semoga penjelasan kami diatas mudah di pahami dan bermanfaat untuk sobat – sobat semua. Terus kunjungi blog kami untuk mendapatkan materi – materi selanjutmya.

Terima Kasih

Proudly powered by Opay