Cara Menghapus Teks pada Microsoft Word



Cara Menghapus Teks pada Microsoft Word


Cara Menghapus Teks pada Microsoft Word – Masih dengan topik Cara Pengeditan Dokumen, setelah pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Menyalin Teks pada Microsoft Word. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menghapus Teks pada Microsoft Word. Cara ini terlalu umum digunakan apabila terjadi kesalahan dalam menuliskan sebuah teks pada dokumen word sobat. Akan tetapi word memberikan berbagai cara buat kita dalam melakukan penghapusan teks. Tentunya dengan konteks yang berbeda banyak metode dalam penghapusan teks.
Menggunakan Tombol Backspace & Delete
Cara ini paling umum digunakan para pengguna word, pada dasarnya kita akan menghapus satu – persatu huruf dengan menekan tombol backspace atau delete. Berikut ini adalah cara – cara yang di gunakan dalam menghapus data.

1. Backspace
Tekan tombol backspace untuk menghapus teks per huruf. Caranya dengan meletakkan kursor diujung kata kemudian tekan tombol backspace. Maka huruf demi huruf akan terhapus dari sebelah kanan ke kiri.
2. Ctrl + Backspace
Dengan menggunakan tombol ctrl + backspace memungkinkan kita untuk menghapus teks per kata dari sebelah kanan menuju ke kiri. Letakkan kursor diakhir kata, maka kata per kata akan terhapus bergerak ke kiri.
3. Delete
Dengan menggunakan tombol delete memungkinkan kita untuk menghapus teks per huruf dari sebelah kiri menuju ke kanan. Letakkan kursor di awal kata, maka satu per satu huruf akan terhapus bergerak ke kanan.
4. Ctrl + Delete
Dengan menggunakan tombol ctrl + delete memungkinkan kita untuk menghapus teks per kata dari sebelah kiri menuju ke kanan. Letakkan kursor diawal kata, maka kata per kata akan terhapus bergerak ke kanan.
Menggunakan Metode Seleksi
Pada pertemuan sebelumnya sobat telah belajar tentang bagaimana memilih teks. Pada pertemuan kali ini, sobat dapat menggunakan cara tersebut untuk menghapus teks setelah teks tersebut dipilih. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Menghapus Teks diantara Dua Titik
Letakkan kursor pada titik awal yang ingin di blok kemudian tekan tombol shift dan lepaskan tombol shift pada akhir teks. Setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
2. Menghapus Teks per Kata
Klik kiri dua kali pada kata yang ingin dihapus, setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
3. Menghapus Teks per Paragraph
Klik kiri tiga kali pada sebuah paragraph yang ingin dihapus, setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
4. Menghapus Teks per Kalimat
Tahan tombol ctrl, kemudia klik mana saja pada bagian kalimat yang ingin sobat hapus. Setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
5. Menghapus Kolom Teks
Tekan dan tahan tombol Alt, kemudian blok bagian yang ingin dihapus. Setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
6. Menghapus Teks Per Baris
Gerakan kursor sobat ke bagian kiri teks (Selection Bar) kemudian klik bagian baris yang ingin sobat hapus. Setelah itu tekan salah satu tombol delete atau backspace.
7. Menghapus Seluruh Teks
Tekan tombol ctrl + A, setelah semua teks sudah terseleksi. Kemudian tekan salah satu tombol delete atau backspace.
Menghapus teks adalah pengetahuan umum yang biasa digunakan dalam Microsoft Word. Tetapi word menyediakan cara tersendiri dalam penggunaanya sesuai dengan konteks yang berbeda. Setelah kita mempelajari semua tentang materi diatas, semoga artikel di atas bermanfaat dan dapat membantu sobat dalam belajar lebih dalam tentang Microsoft Word. Sekian untuk pertemuan kali ini, bertemu lagi dengan kami pada materi selanjutnya masih dengan topik yang sama Cara Pengeditan Dokumen.
 

Terima Kasih


Proudly powered by Opay