Tujuh Fakta 7 Unik Taman Wisata Bukit Tahakng


Belakangan ini kegiatan haiking , mendaki gunung seolah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, Khususnya di Kalimantan Barat. Terbukti dengan ramainya bermunculan KPA (komunitas pencinta alam) dan pembukaan tempat atau spot-spot wisata perbukitan maupun gunung  yang menawarkan view menarik,indah dengan seolah-olah pengunjung berada di atas awan.. Alasannya mereka beragam, entah itu hanya  havefun atau menang hobi bahkan ada yang sekedar penasaran atau ikut-ikutan, menurut saya tidak masalah apapun alasannya asal itu kegiatan positif tentu akan menjadi hal baik bagi kelangsungan dan kelestarian wisata alam.
Secara geografis, Kalimantan Barat tidak memiliki gunung-gunung yang ketinggiannya mencapai 2.000 Mdpl atau lebih. Namun ini bukanlah ukuran bagi mereka-mereka yang memang hobinya mendaki.

Kali ini kita akan membahas tujuh alasan mengapa kamu harus mencoba salah satu tempat destinasi wisata  bernama ” Taman Wisata Bukit Tahakng  yang terletak di Desa Serindu Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, kalimantan Barat.

Alasan Pertama
Dengan jarak tempuh yang tidak terlau jauh dari jalan lintas Kecamatan Capkala dan Monterado,yang berkisar hanya 30-40 menit dari jalan raya, membuat tempat ini menarik dan mudah di akses, dengan hanya membayar registrasi plus parkir @5k kamu sudah dapat mendaki di taman wisata bukit tahakng.


Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare 


Alasan Kedua
Jaur Pendakian ramah dengan rute yang terawat, menjadikannya tujuan bagi para pengunjung bahkan tidak hanya para pendaki saja yang menggunjungi tempat ini, orang-orang biasa pun yang rindu akan keindahan alam menjadikan tempat ini tujuan mereka.

Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare 





Alasan Ketiga
Perbedaan Taman Wisata Bukit Tahakng dengan tempat lainnya, tempat ini menyediakan camping Ground (Camping Area), dengan lokasi strategis kering dan luas dengan pohon-pohon karet yang tertanam rapi surganya bagi para hammocker untuk sekedar bersua-foto atau pun bersantai. Selain itu camping groundnya juga rindang tidak tembus sinar matahari jadi sangat cocok untuk bersantai meski pun di siang hari.

Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare





Alasan Keempat
Sensasi SUNRISE, Kebanyakan wisata bukit yang ada tidak menyediakan camping ground  yang artinya pengunjung berkemah langsung di spot view atau spot utama. Namun berbeda dengan Bukit Tahakng, karna perbedaan geografis yang membuat spot utama bukit tahakng berbeda. Spot utama bukit tahakng adalah bongkahan batu besar yang sekelilingnya terdapat jurang-jurang tinggi yang membuatnya tidak boleh untuk mendirikan tenda  atau bermalam diatasnya dengan alasan keselamatan dan kelestarian. Di sinilah letak sensasinya ketika pagi-pagi pengunjung harus melakukan perjalanan dari camping area menuju batu tahakng, berburu dengan waktu untuk mendapatkan view sunrise sambil berolahraga pagi.

Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare



Alasan Kelima
300-mdlp rasa 1.000-mdpl, mengapa demikian, karena batu tahakng letaknya jauh dari bukit-bukit lainnya membuat pandangan kita tidak terhalang untuk menikmati hamparan luas didepan yang membuatnya serasa lebih tinggi dari yang ada di sekitarnya. Sekalipun pengunjung tidak dapat awan karena factor angin yang bertipu kencang dari subuh, tetapi pemandangan hamparan luasnya tidak kalah menarik dengan pemandangan awan.



Alasan Keenam
Taman Wisata Bukit Tahakng juga menawarkan tempat permandian tidak hanya memburu sunrise dan awan,di bukit tahakng juga terdapat  dua Riam (riam morok dan riam enek). Jadi jangan khwatir untuk tidak mandi setelah muncak dan berkeringat. Selain itu ada juga terdapat tiga Goa-goa batu di sekitar spot utama dan jika pengunjung ingin mendatanginya pemandu setempat siap untuk mengantarkan.


Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare 


Alasan ketujuh  
                                                
Pengunjung yang bermalam akan di temani oleh para pemandu-pemandu dari komunitas pencinta alam setempat (PAS –Pencinta Alam Serindu) dan masyarakat . Jadi jangan khawatir karena anda tidak akan dibiarkan sendirian bermalam disana karena mereka akan menemani anda dengan rasa kebersamaan, persahabatan tentunya saling menghormati.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Taman Wisata Bukit Tahakng

#salamlestari.

Sumber :
Youtube : Channel Naturjare
IG : hoppy.v.r (@opay.tahakng)
Facebook : Nature-jare


Proudly powered by Opay